Pranala

Magister Biologi (S2)

Kerja Praktek

Kerja Praktek (0-2 SKS) bertujuan agar para mahasiswa mampu menganalisis permasalahan yang muncul dalam kehidupan masyarakat atau fenomena alam dari aspek biologi. Diharapkan aktivitas kerja praktek merupakan observasi awal dalam rangka penelitian untuk skripsi.

Kerja praktek dapat diambil setelah mahasiswa menempuh minimal 80 SKS. Pelaksanaan kerja praktek 1 semester dan dikoordinasi oleh Laboratorium. Pemilihan aspek kajian untuk kerja praktek tergantung minat dan prestasi yang dimiliki masing-masing mahasiswa. Mahasiswa dapat berkonsultasi dengan dosen wali atau dosen-dosen lainnya.

Teknis pelaksanaan kerja praktek adalah mahasiswa melakukan observasi ke institusi / lembaga terkait atau fenomena alam, kemudian membuat analisis aspek biologi dari masalah / fenomena yang ditemui dari observasi tersebut. Laporan kerja praktek kemudian dipertanggung jawabkan di tingkat laboratorium.

Tahapan Teknis dan Dokumen yang perlu diproses pada Kerja Praktik/ KP :

Kerja Praktik (KP)

Langkah

Proses

Pihak Yang Ditemui

Dokumen atau Formulir yang dibutuhkan

1.

a. Memastikan Kartu Rencana Studi (KRS) sudah terisi matakuliah Kerja Praktik (KP)

b. Meminta pertimbangan Dosen Wali (Khusus untuk pemilihan bidang minat penelitian Kerja Praktik disarankan bertemu langsung dengan dosen wali).

Dosen Wali

SIA Online

2.

Penunjukkan Pembimbing Kerja Praktik Sebaiknya menemui Kepala Laboratorium dan upayakan meminta saran terkait dengan tema penelitian yang diminati, selanjutnya mintakan pula pertimbangan untuk nama dosen Pembimbing KP yang sesuai.

Kepala Laboratorium

(sesuai bidang minat penelitian di Departemen Biologi)

Jika sudah memperoleh nama Pembimbing silahkan proses formulir berikut download

(Formulir silahkan diisi selanjutnya dimintakan tandatangan lengkap, kemudian WAJIB dikumpulkan ke Sekretariat Departemen Biologi. Formulir Penunjukkan Pembimbing ini diproses di awal semester pada saat pengambilan matakuliah KP di KRS).

3

Penyusunan Proposal KP

Dosen Pembimbing

Proposal Penelitian (Susunlah proposal penelitian sesuai proses bimbingan). Ikuti Panduan penulisan ilmiah yang berlaku di Departemen Biologi. Download

4

Survey lokasi penelitian

(Jika Pelaksanaan Penelitian di lembaga luar Undip)

Pihak terkait

Silahkan unduh formulir sesuai yang diperlukan berikut ini :

a.     Surat Permohonan Survey (Kunjungan awal untuk observasi dan menanyakan tema penelitian di lembaga terkait). Download (Form surat yang telah diisi agar dikirim ke Sekretariat Departemen Biologi)

b.     Draft Surat Kesepakatan Bersama(Diskusikan dengan pihak lembaga sebelum kegiatan penelitian berlangsung). Download

c.     Permohonan Ijin penelitian (Wajib diproses). Download. (Form surat yang telah diisi agar dikirim ke Sekretariat Departemen Biologi)

d.     Jika diijinkan penelitian di lembaga terkait, mintakan surat keterangan/ perijinan dari lembaga tersebut.

5

Pelaksanaan penelitian, silahkan dipertimbangkan :

1.       Penelitian di Lab. Bio. Undip (Ikuti prosedur)

2.       Penelitian di lembaga luar (Proses administrasi sesuai alur gambar di bawah)

1.       Dosen Pembimbing

2.       Pihak terkait pelaksanaan Penelitian

1.       Jika pelaksanaan penelitian di Lab. Bio Undip, silahkan hubungi teknisi/ laboran yang bertugas di laboratorium tsb. Formulir disediakan Laboratorium masing-masing sesuai keperluan.

·         Surat ijin kegiatan penelitian malam hari (Jika menginap di Laboratorium). Download (Form surat yang telah diisi agar dikirim ke Sekretariat Departemen Biologi)

2.      Jika Pelaksanaan Penelitian di lembaga luar, silahkan disiapkan dokumen Surat Kesepakatan Bersama (Harap sudah didiskusikan dengan pihak lembaga pada saat survey dan sudah disetujui sebelum kegiatan penelitian berlangsung). Formulir lihat di atas (Langkah nomor 4).

3.      Mengisi Log book (Buku Catatan Penelitian), Silahkan diisi dengan catatan perjalanan penelitian selengkap -lengkapnya. Download.

6

Ujian Kerja Praktik (KP)

1.     Dosen Pembimbing

2.     Ka. Laboratorium

4.     Teknisi/ Laboran (Mohon ijin untuk persiapan ruang ujian)

Berkas/ Dokumen yang perlu dipersiapkan untuk Ujian Kerja Praktik (KP) :

·         Undangan ujian, download di sini

·         Draft/ Dokumen Kerja Praktik yang akan diujikan harus diserahkan kepada Dosen Pembimbing selambat-lambatnya 3 hari sebelum pelaksanaan ujian dan wajib konfirmasi kepada Dosen yang bersangkutan

(Dikirim ke dosen beserta undangan).

·         Lembar Penilaian Ujian Kerja Praktik (KP), harap isian ditulis tangan. Form download di sini

·         Lembar saran dan masukan Pembimbing/ Penguji, form dicetak sesuai jumlah pembimbing / penguji. download di sini (Lembar saran dan masukan setelah dicetak agar disertakan/diselipkan ke draft yang dikirim

Syarat NILAI Kerja Praktik (KP) masuk ke  SIA :

* Laporan KP (Telah di sahkan) diperbanyak 3 eksemplar untuk : Laboratorium, Dosen Pembimbing, arsip Mahasiswa

* Di sarankan Ujian KP dilaksanakan sebelum UAS

Comments are closed.