Pranala

Magister Biologi (S2)

Tugas Akhir

Tugas Akhir (6 sks) bertujuan melatih mahasiswa untuk melaksanakan penelitian dalam rangka pemecahan masalah dengan metoda ilmiah baku, sehingga dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Pemilihan topik penelitian tergantung minat dan prestasi yang dimiliki masing-masing mahasiswa dengan arahan dosen wali dan dosen lainnya.

Tugas akhir terdiri atas Seminar Proposal (1 sks), Seminar Hasil Penelitian (1 sks) dan ujian Tugas Akhir (4 sks). Seminar proposal  dan SHP tidak perlu dituliskan di KRS. Tugas akhir ditulis di KRS setelah selesai melaksanakan seminar proposal, seminar hasil penelitian, menempuh matakuliah minimal 100 SKS, dan IPK minimal 2,50.

Seminar Proposal

Seminar bertujuan untuk melatih mahasiswa menyusun makalah, menyajikan materi ilmiah, dan melakukan diskusi ilmiah. Proposal yang disusun sekaligus merupakan Proposal Penelitian. Seminar mulai dapat dilaksanakan setelah mahasiswa memperoleh minimal 80 SKS, dengan IPK minimal 2,50, dan dapat diambil bersamaan dengan kerja praktek.

Seminar Hasil Penelitian

Setelah penelitian selesai, data yang didapatkan selanjutnya dianalisis, kemudian diseminarkan. Seminar Hasil Penelitian menyajikan rencana alur pembahasan yang mengacu pada sumber pustaka berupa jurnal yang sudah dipelajari.

Ujian Tugas Akhir

Format laporan skripsi secara rinci terdapat dalam buku pedoman penulisan karya ilmiah jurusan biologi.  Ujian tugas akhir merupakan ujian akhir mahasiswa Biologi untuk menyelesaikan pendidikan S1 Biologi.

Pembimbingan

Aktivitas Tugas Akhir dibawah bimbingan dosen. Tugas Akhir dibimbing oleh dua dosen pembimbing, dan dimungkinkan maksimum 3 orang.

Tahapan Teknis dan dokumen/formulir proses untuk Tugas Akhir

TUGAS AKHIR

Langkah

Proses

Pihak Yang Ditemui

Dokumen atau Formulir yang dibutuhkan

1.

a. Memastikan Kartu Rencana Studi (KRS) sudah terisi matakuliah Tugas Akhir

b. Meminta pertimbangan Dosen Wali (Khusus untuk pemilihan bidang minat penelitian tugas akhir disarankan bertemu langsung dengan dosen wali).

Dosen Wali

SIA Online

2.

Penunjukkan Pembimbing Tugas Akhir. Sebaiknya menemui Kepala Laboratorium dan upayakan meminta saran terkait dengan tema penelitian yang diminati, selanjutnya mintakan pula pertimbangan untuk nama dosen Pembimbing TA yang sesuai.

Kepala Laboratorium

(sesuai bidang minat penelitian di Departemen Biologi)

Jika sudah memperoleh nama Pembimbing silahkan pilih salah satu formulir berikut :
a. Jika Pembimbing I dan Pembimbing II masih dalam satu  Laboratorium silahkan download  (TA 1.1)

b. Jika Pembimbing I dan Pembimbing II berbeda Laboratorium silahkan download (TA 1.2)

Formulir Penunjukkan Pembimbing TA diproses pada saat awal pengambilan KRS. Setelah formulir diisi lengkap dengan tandatangan WAJIB dikumpulkan ke Departemen Biologi.


3

Penyusunan Proposal Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Proposal Penelitian (Susunlah proposal penelitian sesuai proses bimbingan). Ikuti Panduan penulisan ilmiah yang berlaku di Departemen Biologi. Download

Formulir/ Kartu Bimbingan dan Konsul (Sebelum Seminar Proposal). Download.

4

Survey lokasi penelitian

(Jika Pelaksanaan Penelitian di lembaga luar Undip)

Pihak terkait

Silahkan unduh formulir sesuai yang diperlukan berikut ini :

a.     Surat Permohonan Survey (Kunjungan awal untuk observasi dan menanyakan tema penelitian di lembaga terkait). Download

b.     Draft Surat Kesepakatan Bersama (Diskusikan dengan pihak lembaga sebelum kegiatan penelitian berlangsung). Download

c.     Permohonan Ijin penelitian (Wajib diproses). Download.

d.     Jika diijinkan penelitian di lembaga terkait, mintakan surat keterangan/ perijinan dari lembaga tersebut.

5

Proses Penunjukkan Dosen Penguji Tugas Akhir. Persiapkan Ujian Seminar Proposal.

1.       Dosen Pembimbing

2.       Ka. Laboratorium (Mohon penunjukkan nama dosen penguji).

Jika sudah memperoleh nama dosen Penguji,  silahkan pilih salah satu formulir berikut :* Jika Penguji masih dalam satu Laboratorium Bidang Minat (Tempat Penelitian), silahkan download TA 2.1

* Jika Penguji berbeda dengan Laboratorium Bidang Minat (Tempat Penelitian), silahkan download TA 2.2

6

Ujian SEMINAR PROPOSAL

1.     Dosen Pembimbing

2.     Dosen Penguji

3.     Ka. Laboratorium

4.     Teknisi/ Laboran (Mohon ijin untuk persiapan ruang ujian seminar proposal)

Berkas/ Dokumen yang perlu dipersiapkan untuk Ujian SEMINAR PROPOSAL

·     Undangan ujian, download di sini

·     Draft/ Dokumen Proposal yang akan diseminarkan harus diserahkan kepada Dosen Pembimbing dan Penguji selambat-lambatnya 3 hari sebelum pelaksanaan ujian dan wajib konfirmasi kepada Dosen yang bersangkutan.

·     KRS & KHS terakhir ditandatangani dosen wali

·     Kartu/ Formulir Bimbingan selama proses penyiapan proposal. Download.

·     Lembar Penilaian Seminar Proposal (TA 3), harap isian ditulis tangan. Form download di sini

·     Lembar saran dan masukan Pembimbing dan Penguji, form dicetak sesuai jumlah pembimbing dan penguji. Silahkan download di sini (Lembar saran dan masukan setelah dicetak agar disertakan/diselipkan ke draft yang dikirim ke dosen bersama undangan)

·     Berita Acara seminar Proposal (TA 6), dicetak sesuai keterangan yang ada pada formulir. Silahkan download di sini

·     Berkas - berkas syarat ujian Seminar Proposal dimasukkan dalam stopmap warna          HIJAU diberi keterangan Nama Mahasiswa/NIM, Nomor Contact/HP Mahasiswa, Nama Dosen Pembimbing. Pada halaman muka stopmap pojok kanan atas diberi keterangan “SEMPRO”.

·     Form cek list dokumen Download. Setelah form diisi, silahkan dimintakan ttd Koordinator TA.

·     Surat pernyataan penyelesaian revisi proposal penelitian. Download

* WAJIB menyerahkan Formulir Penunjukkan Pembimbing TA & Penguji TA ke Sekretariat Departemen Biologi selambat-lambatnya 1 minggu sebelum ujian seminar Proposal.

7

Pelaksanaan penelitian, silahkan dipertimbangkan :

1.       Penelitian di Lab. Bio. Undip (Ikuti prosedur)

2.       Penelitian di lembaga luar (Proses administrasi sesuai alur gambar di bawah)

1.       Dosen Pembimbing

2.       Pihak terkait pelaksanaan Penelitian

1.       Jika pelaksanaan penelitian di Lab. Bio Undip, silahkan hubungi teknisi/ laboran yang bertugas di laboratorium tsb. Formulir disediakan Laboratorium masing-masing sesuai keperluan.

·         Surat ijin kegiatan penelitian malam hari (Jika menginap di Laboratorium). Download

2.      Jika Pelaksanaan Penelitian di lembaga luar, silahkan disiapkan dokumen Surat Kesepakatan Bersama (Harap sudah didiskusikan dengan pihak lembaga pada saat survey dan sudah disetujui sebelum kegiatan penelitian berlangsung). Formulir lihat di atas (Langkah nomor 4).

3.      Mengisi Log book (Buku Catatan Penelitian), Silahkan diisi dengan catatan perjalanan penelitian selengkap -lengkapnya. Download.

8

Bimbingan dan konsul

(Persiapan Seminar Hasil Penelitian)

Dosen Pembimbing

Formulir/ Kartu Bimbingan dan Konsul (Sebelum SHP), silahkan download di sini

9

Ujian SEMINAR HASIL PENELITIAN (SHP)

1.     Dosen Pembimbing

2.     Dosen Penguji

3.     Ka. Laboratorium

4.    Teknisi/ Laboran (Mohon ijin untuk persiapan ruang ujian SHP)

  • Undangan ujian, download di sini
  • Draft/ Dokumen Tugas Akhir yang akan diseminarkan (SHP) harus diserahkan kepada Dosen Pembimbing dan Penguji selambat-lambatnya 3 hari sebelum pelaksanaan ujian dan wajib konfirmasi kepada Dosen yang bersangkutan.
  • Lembar Penilaian Seminar Hasil Penelitian  (TA 4), harap isian ditulis tangan. Form download di sini
  • Lembar saran dan masukan Pembimbing dan Penguji, form dicetak sesuai jumlah pembimbing dan penguji. download di sini (Lembar saran dan masukan setelah dicetak agar disertakan/diselipkan ke draft yang dikirim ke dosen bersama undangan)
  • Berita Acara SEMINAR HASIL PENELITIAN  (TA 7), dicetak sesuai keterangan yang ada pada formulir. Silahkan download di sini
  • Kartu/ Formulir Bimbingan selama proses penyiapan SHP
  • Surat BUKTI Penyerahan Arsip Proposal Penelitian (Dapat diminta di Departemen Biologi)
  • Log Book (Buku catatan Penelitian)
  • Berkas - berkas syarat ujian Seminar Hasil Penelitian dimasukkan dalam stopmapwarna KUNING diberi keterangan Nama Mahasiswa/NIM, Nomor Contact/HP Mahasiswa, Nama Dosen Pembimbing. Pada halaman muka stopmap pojok kanan atas diberi keterangan “SHP”.
  • Form cek list dokumen  Download

10

Bimbingan dan konsul

(Persiapan Ujian Sidang Tugas Akhir)

Dosen Pembimbing

Formulir/ Kartu Bimbingan dan Konsul (Sebelum Ujian Sidang TA), silahkan download di sini

11

Proses surat kelengkapan Ujian Sidang

Surat Keterangan Bebas Pustaka, Alat dan Bahan

Pihak Terkait

1. Untuk Ujian Tugas Akhir, silahkan download Terbaru (Setelah formulir ditandatangani lengkap silahkan dimintakan nomor dan tanggal di Sekretariat Departemen Biologi)

2. Untuk WISUDA, silahkan download Terbaru (Setelah formulir ditandatangani lengkap silahkan dimintakan nomor dan tanggal di Sekretariat Departemen Biologi)

Penerbitan Transkrip nilai untuk syarat Ujian sidang TA (Bebas nilai D & E)

Sekretariat Departemen Biologi

Form  silahkan download di sini

Bawalah Formulir tersebut (sudah diisi lengkap) ke Sekretariat Departemen Biologi. Transkrip nilai terbaik akan dicetak oleh Sekretariat Departemen Biologi. Selanjutnya untuk Cek List penghitungan IPK silahkan dihitung dengan form berikut unduh. (Buka link selanjutnya silahkan didownload dalam bentuk ms.excel agar dapat digunakan untuk menghitung IPK)

Hitungan pada form (Ms.Excel) ini akan dibutuhkan pada saat memproses Berita Acara Kelulusan (BAK) setelah Ujian Sidang.

Surat Keterangan Bebas Pustaka dari UPT Perpustakaan UNDIP

Petugas UPT Perpustakaan Undip

Langsung datang ke Perpustakaan UNDIP

12

Ujian SIDANG TUGAS AKHIR

1.     Dosen Pembimbing

2.     Dosen Penguji

3.     Ka. Laboratorium

4.     Teknisi/ Laboran (Mohon ijin untuk persiapan ruang ujian sidang)

Berkas/ Dokumen yang perlu dipersiapkan untuk Ujian SIDANG TUGAS AKHIR:

·         Undangan ujian, download di sini

·         Draft/ Dokumen Tugas Akhir yang akan diujikan harus diserahkan kepada Dosen Pembimbing dan Penguji selambat-lambatnya 3 hari sebelum pelaksanaan ujian dan wajib konfirmasi kepada Dosen yang bersangkutan

(Dikirim ke dosen beserta undangan).

·         Lembar Penilaian Ujian Sidang Tugas Akhir  (TA 5), harap isian ditulis tangan. Form download di sini

·         Lembar saran dan masukan Pembimbing dan Penguji, form dicetak sesuai jumlah pembimbing dan penguji. download di sini (Lembar saran dan masukan setelah dicetak agar disertakan/diselipkan ke draft yang dikirim ke dosen bersama undangan)

·         Berita Acara Ujian Sidang Tugas Akhir  (TA 8), dicetak sesuai keterangan yang ada pada formulir. Silahkan download di sini

·         Berita Acara Penyerahan Nilai Tugas Akhir (TA 9), dicetak sesuai keterangan yang ada pada formulir. Silahkan download di sini

·         WAJIB Melampirkan Surat Keterangan Bebas Pustaka dari UPT Perpustakaan UNDIP (Silahkan dicopy 2 lembar untuk keperluan ujian sidang dan yang asli untuk syarat wisuda).

·         Transkrip nilai (Bebas nilai D dan E) ditandatangani Dosen Wali.

·         Kartu/ Formulir Bimbingan selama proses penyiapan Ujian Sidang

·         Berkas - berkas syarat Ujian Sidang Tugas Akhir dimasukkan dalam stopmap warna MERAH diberi keterangan Nama Mahasiswa/NIM, Nomor Contact/HP Mahasiswa, Nama Dosen Pembimbing. Pada halaman muka stopmap pojok kanan atas diberi keterangan “Ujian Sidang”.

·         Form cek list dokumen  Download

·         Surat Pernyataan Tertib Ujian Tugas Akhir dan Wisuda. Download

13

Proses Penerbitan Berita Acara Kelulusan (BAK) ke Departemen Biologi.

1.  Memastikan berita acara ujian (BAU) sidang /TA 8 dan Berita Acara Penyerahan Nilai Tugas Akhir /TA 9 sudah diserahkan oleh Pengelola Laboratorium ke Departemen Biologi.

2.  Melengkapi dokumen kelengkapan BAK.

Sekretariat Departemen Biologi

Dokumen syarat untuk penerbitan Berita Acara Kelulusan (BAK) :

·         Surat keterangan telah menyerahkan dokumen Tugas Akhir sebagai syarat untuk penerbitan Berita Acara Kelulusan (BAK), silahkan download formulir di sini.

·         Surat / bukti publikasi ilmiah yang dikeluarkan oleh pengelola Jurnal (surat asli)

·         Draft publikasi sesuai yang dikirim ke Jurnal (1 eksemplar). Draft ini harus sudah dikoreksi oleh pembimbing. Stempel penanda mintakan ke Departemen Biologi.

·         Transkrip Nilai lengkap yang dikeluarkan oleh akademik FSM ditandatangani Dosen Wali (Seperti yang digunakan pada saat ujian sidang).

·         Softfile TA diburning dalam Compact Disc (CD)

·         Cover dan halaman pengesahan draft Tugas Akhir (rangkap 1)

·         Mengirim data berikut :

1.       Nama/ NIM :

2.       Pembimbing I (beserta NIP) :

3.       Pembimbing II (beserta NIP):

4.       Penguji (beserta NIP) :

5.       Judul TA (Indonesia) :

6.       Judul TA (Inggris) :

7.       Nomor kontak Telp/HP (aktif):

8.       Tanggal lulus (wajib diisi) :

Dikirim melalui email : judultabiologi@gmail.com

Data tersebut ditulis langsung pada pesan (no attachment/ tidak dilampirkan). Subjek pesan ditulis nama dan NIM.

8.       File yang perlu dilampirkan pada saat kirim email data (nomor 1 – 8) yaitu :

a.     Permohonan Surat Keterangan Lulus (Silahkan download dan isi datanya secara lengkap). Download

b.     Persyaratan Wisuda, Biodata Pemrosesan Ijazah, Keterangan Pribadi.(Silahkan download dan isi datanya secara lengkap) Download

c.     Form Validasi SKPI (Silahkan download dan isi datanya secara lengkap). Download. Untuk Draft SKPI diproses mahasiswa sendiri sesuai permintaan Fakultas. Lihat link

d.  Form Penghitungan SIMULASI IPK TERAKHIR. Silahkan unduh (Buka link selanjutnya silahkan didownload dalam bentuk ms.excel agar dapat digunakan untuk menghitung IPK)

Berkas nomor 8 (a,b,c,d) dicetak di Sekretariat Departemen Biologi. Silahkan form diisi lengkap selanjutnya dikirim email.


ALUR PROSES  ADMINISTRASI KEGIATAN PENELITIAN MAHASISWA (KP/TA)

prosedur-penelitian

Comments are closed.